Path: Top >> Skripsi, Thesis, Disertasi >> Fakultas Teknik >> Teknik Mesin

Perancangan Mesin Perajang Singkong dengan Lubang Perajang Ganda Kapasitas 10 Kg/Jam

0210000000360 , NPM : 11321024
Undergraduate Theses from #PUBLISHER# / 2017-05-02 18:37:27
Oleh : Purwo Handoyo
Dibuat : 2017-05-02, dengan 1 file

Keyword : Mesin perajang singkong
Subjek : Teknik Mesin
Nomor Panggil (DDC) : 361 TM

ABSTRAK




Desa Kenanten, Kecamatan sooko, Kabupaten Mojokerto dikenal “Desa keripik” karena menjadi sentra untuk pembuatan Keripik Singkong. Data wawancara dengan Bapak Mustofa, ketua kelompok pembuat jajanan Keripik “SUMBER REJEKI” bahwa pada tahun 2012 Sampai Sekarang ada Sekitar 15 Kepala keluarga yang menggantungkan hidupnya menjadi pengrajin Keripik. Di samping itu bahan-bahan untuk pembuatan keripik mudah di dapat di desa




tersebut, Dari tangan-tangan terampil masyarakat di desa tersebut singkong yang dulunya hanya di jadikan sebagai campuran pakan ternak kini bisa menjadi pundi-pundi rezeki bagi masyarakat desa tersebut.




Dalam metode perajangan bahan Pak Mustofa menyampaikan waktu yang lama yang menjadi kendala ketika memenuhi permintaan pasar. Permintaan pasar dalam jumlah banyak dan pembelian yang mendadak belum dapat terpenuhi dengan baik. Waktu perajangan bahan yang membutuhkan waktu lama dan merajangnya pun tidak merata dengan baik sehingga hasil rajangannya pun tebal tipis tidak sama rata. Dengan demikian maka yang dibutuhkan oleh Pak Mustofa adalah teknologi tepat guna untuk mempercepat proses perajangan bahan.




Dalam menyelesaikan masalah tersebut kami menggunakan beberapa metode yang kami terapkan observasi lapangan, Studi Literatur, perancangan dan pembuatan, pengujian, evaluasi dan penyempurnaan alat.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher0
Organisasi
Nama KontakMahmudah
AlamatJl. Raya Benowo 1-3
KotaSurabaya
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratoradmin@uwp.ac.id
E-mail CKOmahmudah@uwp.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Slamet Riyadi ST, MT.
    , Editor: mahmudah@uwp.ac.id@#publisher#

Download...