Path: Top >> Jurnal Penelitian Dosen >> Fakultas Ekonomi

Pengembangan model pembelian berulang pada pusat grosir dengan antiseden brand, quality, patron status, fashion involvement dan store atmosphere

neo-bis : Jurnal Berkala Ilmu Ekonomi ISSN : 1978-5275.--Bangkalan:FE Universitas Trunijoyo, 2014
Journal from #PUBLISHER# / 2017-05-16 11:49:13
Oleh : Yurilla Endah Muliatie, Yuyun Widiastuti
Dibuat : 2017-05-15, dengan 4 file

Keyword : Pembelian Berulang, Brand, Quality, Patron Status, Fashion Involvement, Store Atmosphere
Subjek : Manajemen

Abstrak :


Menurut united nations statistics division, grosir adalah menjual kembali (menjual tanpa pengubahan) barang baru dan terpakai kepada pengecer, pengguna industri, komersial, institusi atau profesional, atau kepada penggrosir lain, atau terlibat berperan sebagai agen atau broker dalam membeli merchandise untuk, atau menjualnya kepada orang - orang atau perusahaan. Penggrosir biasanya mengatur, mengurutkan dan memeringkatkan barang - barang di tempat luas, jumlah besar, di pak kembali dan didistribusikan kembali di tempat yang lebih kecil. Pusat - pusat grosir sudah sepatutnya mendapat dukungan pemerintah dalam menyediakan infrastruktur berupa kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung baik yang membeli secara grosir dan eceran maupun turis lokal dan internasional, berupa jalanan yang tidak selalu macet karena banyaknya mobil yang berhenti bukan pada tempatnya, transportasi umum yang memadai bagi turis, promosi oleh pemerintah dukungan fasilitas kredit kepada pengusaha industri kecil dan lain sebagainya. Berdasarkan uraian diatas penulis ingin meneliti sejauh mana pengaruh brand, quality, patron status, fashion involvement, dan store atmosphere terhadap pembelian berulang konsumen pada Pusat Grosir Surabaya.


Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain : (1). Apakah brand, quality, patron status, fashion involvement, dan store atmosphere secara parsial mempengaruhi pembelian berulang konsumen pada Pusat Grosir Surabaya ? (2) Apakah brand, quality, patron status, fashion involvement, dan store atmospheresecara simultan mempengaruhi pembelian berulang konsumen pada Pusat Grosir


Surabaya ? dan (3) Faktor manakah yang dominan berpengaruh terhadap pembelian berulang konsumen pada Pusat Grosir Surabaya ? Tujuan penelitian ini antara lain : (1) Untuk mendiskripsikan quality, patron status, fashion involvement, dan store atmosphere dan pembelian berulang konsumen pada Pusat Grosir Surabaya secara parsial, (2) Untuk mendiskripsikan quality, patron status, fashion involvement, dan store atmosphere dan pembelian berulang konsumen pada Pusat Grosir Surabaya secara simultan, dan (3). Untuk mendiskripsikan variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap pembelian berulang konsumen pada Pusat Grosir Surabaya.


Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Pusat Grosir Surabaya yang ada di Surabaya, dengan menggunakan pendekatan convenience sampling, yaitu sampel yang dianggap dapat mewakili karakteristik pelanggan yang pernah berbelanja di Pusat Grosir Surabaya. Responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, hal ini disesuaikan dengan pendapat Hair et al. (1995:65) yang menemukan bahwa ukuran sampel yang sesuai dalam penelitian adalah antara 100 sampai 200.


Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Brand(X1), quality (X2), patron status (X3), fashion involvement (X4), dan store atmosphere (X5) secara parsial mempengaruhi pembelian berulang (Y)di Pusat Grosir Surabaya. Hal ini ditunjukkan denganbesaran t hitung yang lebih besar dari t tabel. (2) Brand (X1), quality (X2), patron status (X3),fashioninvolvement (X4), dan store atmosphere (X5) simultan mempengaruhi pembelian berulang (Y) di Pusat Grosir Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya F hitung seb esar 27.005 . Nilai ini lebih besar dari F tabel(27.005 > 3.092). (3) Faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pembelian berulang di Pusat Grosir Surabaya adalah variabel Fashion Involvement (X4), yang ditunjukkan dengan nilai koefisien Beta yang distandarisasi terbesar yaitu sebesar 0.720.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID Publisher0
Organisasi
Nama KontakMahmudah
AlamatJl. Raya Benowo 1-3
KotaSurabaya
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon
Fax
E-mail Administratoradmin@uwp.ac.id
E-mail CKOmahmudah@uwp.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: mahmudah@uwp.ac.id@#publisher#

Download...